Senin, 15 Oktober 2012


Hati-hati dengan penyakit maag





Maag, salah satu penyakit yang ternyata tidak bisa diremehkan. Penerawangan saya memperlihatkan penyakit maag sepertinya salah satu penyakit yang sering dianggap sepele. Fenomenanya, saya masih sering melihat teman-teman saya yang telah menjadi langganan sakit maag. Tapi ironisnya mereka kadang-kadang lupa bahwa mereka sebenarnya menderita maag. Dan mereka justru mengabaikan hal-hal ataupun pantangan yang harus dihindari untuk mengantisipasi agar maag-nya tidak kambuh.
Maag, atau bisa juga disebut dengan penyakit radang lambung jika keadaannya sudah akut, ternyata bisa menyebabkan pendarahan sehingga penderita maag bisa mengalami muntah yang mengandung darah. Bahkan, saya pernah mendengar ada orang-orang yang meninggal karena penyakit maag (akut). Ini bukannya mendramatisir lho, tapi memang berdasarkan info yang pernah saya dapatkan. Ngeri kan..
Selagi ngomongin tentang maag.., setahu saya yang menyebabkan sakit maag biasanya ada dua hal. Penyebab yang pertama adalah karena pola makan yang tidak teratur, dan yang kedua juga bisa disebabkan karena stress. Dalam konteks pola makan yang tidak teratur, lambung memproduksi asam (asam lambung) dalam jangka waktu yang teratur. Sehingga walaupun tidak ada makanan yang akan diolah, lambung tetap bekerja untuk memproduksi asam. Dan bila hal ini berlangsung terus menerus, maka perut akan mengalami rasa mual dan perih. Sedangkan pada konteks stress, ini disebabkan syaraf di otak berhubungan dengan lambung. Dan jika seseorang mengalami stress, maka akan mengalami ketidak seimbangan pada lambung, kemudian akan merangsang sel-sel di dalam lambung yang akan memproduksi asam secara berlebihan.
So.., bagi kamu yang menderita maag, jangan lupa untuk merubah pola makan menjadi teratur dan menghindari stress. Memang terkadang itu menjadi hal yang sulit, tingginya tingkat kesibukan serta kondisi keuangan (apalagi anak kost) menurut saya pribadi menjadi faktor utama seseorang bisa menderita maag. Kurangi makanan yang mengandung asam, pedas, atau santan. Karena itu adalah makanan yang harus dihindari bagi penderita maag.
Ok.., berhubung saya juga seorang penderita maag, saya menganggap sedikit info tentang penyakit maag tersebut bermanfaat bagi kamu. Ingat.., hati-hati dengan penyakit maag!. Karena saya sudah pernah merasakan bagaimana tersiksanya ketika maag lagi kambuh! Dunia seperti berhenti berputar dan rasanya saya seperti mau mati.. :-(
Cobalah banyak mengkonsumsi air putih, pola makan teratur, hindari makanan pedas, asam atau yang mengandung santan, dan rileks.., agar tidak stress. Apapun kewajiban kamu adalah nomor satu, tapi jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar