Jumat, 21 September 2012

21-September-2012




Kode HTML yang Biasa Digunakan di WordPress



Kali ini saya akan membahas tentang Kode HTML,. Buat yang belum tahu, kode HTML(Hyper Text Markup Language) adalah bahasa kode yang digunakan dalam penerjemahan kode ke tampilan oleh web browser semacam IE dan Mozzila,. Kode ini berupa susunan huruf, kata dan atau angka tertentu yang akan diubah oleh web browser kedalam tampilan berupa teks, hyperlink, format tertentu, atau gambar, yang dapat dilihat oleh user,.
Kode HTML yang saya bahas disini hanyalah kode dalam post atau komentar di WordPress yang umum digunakan,. (kalau dibahas semua ya sampe 50 tahun baru kelar, http://www.smileycodes.infohahaha!,
 berlebihan). Dibawah ini beberapa html tag yang biasa digunakan,.
sebagai pengetahuan, html tag biasanya diapit tanda “<” dan “>”,. kemudian ada tag awalan yang biasa disebut opening tag dan tag akhiran yang biasa disebut closing tag,. misalnya <strong>tulisan</strong>
Langsung saja ya, check this out!
1. Kode Bahasa
yang dimaksud disini bukan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa sansekerta dll, tapi bahasa browser,. Kode ini diketik di awal sebagai kode pembacaan browser agar browser tahu bahasa apa yang kita gunakan,. kalo di wordpress nggak usah diketik nggak masalah soalnya defaultnya udah html,. contohnya:
<html>
tulisan tulisan tulisan
</html>
2. <body>
Nah, ini adalah kode penting dimana kode ini menandai bahwa karakter di dalam kode tersebut adalah tulisan kita,. Namun seperti kode bahasa, di wordpress kita tidak perlu menambahkannya karena sudah default,. (secara, kalo kita nggak ngetik tulisan, terus ngetik apaan?, hehe!, contohnya:
<html>
<body>
tulisan tulisan tulisan
</body>
</html>
3. <hx>
Ini adalah kode untuk heading,. formatnya adalah <h1>heading pertama</h1>,. kemudian <h2>keading kedua</h2>, dan seterusnya,. Fungsinya adalah menandai bahwa tulisan di antara opening tag dan closing tag adalah heading,. contohnya:

Heading Keduaxxx

4. <p>
Ini merupakan tag html dari paragraf,. Buat yang nggak tahu paragraf(yah, terlalu lah,. hehehe!),. Kodenya seperti ini <p>tulisan Anda yang panjang dan isinya artikel</p> contohnya:
tulisan Anda yang panjang dan isinya artikel
ada juga <br /> yang fungsinya seperti tombol [enter] di keyboard,.
5. <li>
Untuk membuat suatu bullet,. misalnya saja Anda mengetik seperti ini:
<li>Filosofi</li>
<li>Hidden</li>
<li>Joke</li>
maka yang akan tampil seperti ini:
  • Filosofi
  • Hidden
  • Joke
  • paham kan?,
    6. <a>
    Nah, ini yang sangat berguna ketika kita ingin membuat link agar tampilannya tidak terlalu panjang,. Tapi ada tambahan disini dengan menggunakan atribut href=”",. Sebagai contoh saya memiliki link http://cold4hands.wordpress.com/2011/04/06/keuntungan-jomblo/ namun saya ingin menampilkannya dengan tulisan “Keuntungan Jomblo”,. Supaya jika mengklik tulisan Keuntungan Jomblo, maka kita akan menuju link yang dimaksud,. Maka kodenya seperti ini
    <a href=”http://cold4hands.wordpress.com/2011/04/06/keuntungan-jomblo/”>Keuntungan Jomblo</a>
    jadinya seperti ini:
    Keuntungan Jomblo
    agar link tersebut jika di klik akan terbuka ke tab atau window baru maka Anda dapat menambahkan target=”_blank”
    Jika mau, Anda juga dapat menambahkan title=”yang jomblo kesini” (arahkan mouse ke link pada contoh dibawah untuk mengetahui yang saya maksud)
    misalnya
    <a title=”yang jomblo kesini” href=”http://cold4hands.wordpress.com/2011/04/06/keuntungan-jomblo/” target=”_blank”>Keuntungan Jomblo</a>
    7. Format Tulisan
    Ini mungkin yang sering dipakai,. Langsung saja lihat contoh dibawah
    <strong>tulisan tebal</strong> (sama dengan <b>tulisan tebal</b>) 
    tulisan tebal (sama dengan tulisan tebal)
    <em>tulisan miring</em> (sama dengan <i>tulisan miring</i>)
    tulisan miring (sama dengan tulisan miring)
    <big>agak besar</big>
    agak besar
    <strike>coret tengah</strike>
    coret tengah
    <sub>tulisan turun</sub>
    tulisan turun
    <sup>tulisan naik</sup>
    tulisan naik
    Kode html diatas dapat digunakan pada waktu posting artikel ataupun komentar,. Kalau posting, pastikan Anda masuk ke mode html dulu ketika mengetiknya,. Untuk komentar, hanya beberapa kode yang bisa dipakai( lihat kode yang bisa digunakan dibawah kolom komentar).
    Sebenarnya masih ada pemformatan tulisan seperti font, color, size, dan lainnya,. Namun yang saya bahas disini hanya sebatas yang biasa digunakan dan yang saya tahu (http://www.smileycodes.infoberarti yang laennya nggak tahu?, iya, masih nyubi, http://www.smileycodes.infoketahuan ya?,http://www.smileycodes.info hahaha!)
    Ya sudahlah, pokoknya semoga ini bermanfaat bagi para pembaca,. Bagi yang ingin menambahkan, silahkan, jangan sungkan-sungkan, hehehe!,

    di rate ya?,

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar